Pimpinan OSIS SMK/SMA Kota Manado Terbentuk

SMK Negeri 1 Manado tak putus-putusnya mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah  sebagai Tempat pelaksanaan  Program-Program pemerintah yang ada kaitannya dengan Pendidikan. Mulai dari pembentukan pengurus MKKS SMK Se-Sulut, MGMP masing masing kompetensi keahlian dan lain-lain. Hari ini, Jumat 5 Oktober 2012 seluruh pengurus OSIS SMA/SMK se Kota Manado didampingi para-pembina OSIS di masing-masing sekolah berkumpul juga berkumpul di sekolah ini. Kehadiran mereka berkumpul adalah untuk mengadakan pembentukan pengurus OSIS Kota Manado Tingkat SMK/SMA. Mereka terkumpul atas kordinasi Kedua Kepala Sekolah Terpopuler di Kota Manado yaitu Drs Jacky Koyo M.MPd dan Drs Daglan Walingitan MPd yang masing-masing adalah

kepala sekolah SMA dan SMK 1 Manado. Mandat yang diberikan kepada kedua Kepala Sekolah untuk dapat mefasilitasi pembentukan Pengurus OSIS SMA/SMK Kota Manado terwujud dengan Stuktur Pengurus OSIS Periode 2012-2013  adalah sebagai berikut:


Ketua                 : Herini Sondakh (SMA Negeri 1 Manado)
Wakil Ketua         : Astry A Fridag
Sekretaris            : Ester Lalenoh (SMK Negeri 1 Manado)
Wakil Sekretaris    : Lidya Kakalang (SMA Negeri 3 Manado
Bendahara           : Monika Mokoagouw (SMA Negeri 9 Manado)

Pembentukan Pengurus OSIS ini, berlangsung sangat dinamis dan demokratis karena sebelumnya diadakan sesi dialog dan tanya jawab antara para-pengurus osis dan Kepala Dinas Diknas Kota Manado, Tombeg Dante,SPd,MPd.Turut hadir pula menyaksikan acara ini Kepala Bidang SMA, Dra Meike Manappo, Drs Rudy Senduk MPd dan Drs Samy Watung dari unsur pengawas serta para guru-guru pembina dari masing-masing sekolah. Pengurus yang sudah terbentuk ini nantinya akan melengkapi  keanggotaan pengurus pada 10 bidang yang ada dalam Struktur Osis ini dengan tetunya berkordinasi dengan para pembina.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Diknas Kota Manado memberikan penekana bahwa Pedoman pembinaan OSIS alias pembinaan kesiswaan telah diatur berdasarkan Peraturan Mendiknas Nomor 39 tahun 2008.Tujuan pembinaan kesiswaan sebagaimana diatur pada Pasal 1 Permendiknas 39/2008 ini adalah :
a. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
b. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
c. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
d. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
Perhatian dan pembinaan dari Pemerintah akan terus menerus berlangsung terhadap adik-adik bahkan sampai pengurus ini sudah bukan lagi berstatus siswa. Nanti kita sama sama carikan istilah yang tepat dan cocok nama organisasinya apa nanti, ujarnya dengan optimis mengakhiri sambutan.

Share