SMKN 1 Manado Terapkan Standar Pelayanan Publik

<< Harian Komentar ; Rabu, 17 Juli 2013>>

 

SMKN 1 Manado Terapkan

Standar Pelayanan Publik

 

Manado, KOMENTAR

MENGAWALI tahun pelajaran 2013/2014, SMKN 1 Manado berkomitmen untuk menerapkan standar pelayanan publik. Hal tersebut dibuktikan melalui mekanisme pelayanan yang mengedpankan kemudahan.

Diungkapkan Kepala SMKN 1 Manado, Drs. Daglan M. Walangitan, M.Pd, yang didampingi Wakil Kepala SMKN 1 Manado Bidang Manajemen Mutu sekaligus Ketua Tim Pengendalian Pelayanan, Drs. Jenner R. Rumerung, SMKN 1 Manado menjadi salah satu sasaran penilaian kinerja Pelayanan Publik yang mengacu pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Standar Pelayanan Publik yang diterapkan di SMKN 1 Manado, untuk menjawab kebutuhan layanan masyarakat terhadap sekolah, antara lain meliputi layanan informasi umum, pengurusan dan legalisir ijazah, pengurusan surat-surat, hingga PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru, red), “jelas Walangitan sembari menambahkan bahwa penerapan pelayanan publik akan memberikan peluang pada masyarakat untuk mengajukan pengaduan sebagaimana janji pelayanan atau maklumat yang intinya menyebutkan bahwa pemberian layanan kepada masyarakat akan mengikuti standar serta dilakukan dengan tulus. Dalam artian siap menerima keluhan dari masyarakat dan menindak-lanjutinya.

“Kami akan konsisten melakukan peningkatan dan perbaikan terhadap sistem pelayanan. Bahkan menjamin kepastian terpenuhinya harapan dan kepuasan masyarakat. Jika sekolah tak dapat memberikan layanan sesuai standar, maka masyarakat berhak melayangkan pengaduan,” tukasnya.

Standar layanan publik yang diterapkan SMKN 1 Manado, lanjut Walangitan dan Rumerung juga mengacu pada motto ‘Melayani dengan Kasih’, yang esensinya adalah Kompeten, Akuntabilitas, Sinergi, Inovatif dan Hasrat.

“Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang memiliki kompetensi, sehingga dapat dipertanggungjawabkan, untuk kemudian diberdayakan dan mencapai mutu pelayanan yang diinginkan. Berikut perubahan baru menuju ke arah perbaikan yang pada akhirnya akan membuahkan kepuasan masyarakat,” beber Walangitan yang diyakan Rumerung.(eda)

 

 

 

 

Share