Kepsek : Semua Warga Sekolah Komitmen Implementasikan Pelayanan Publik

Kepsek SMKN 1 Manado ; Drs. Daglan M. Walangitan, M.Pd

 

Warga SMKN1 Manado

Harus Komitmen Implementasikan

Pelayanan Publik

 

SMKN1Mdo, www.smkn1mdo.sch.id

Hari pertama masuk sekolah 13 Agustus 2013 pasca Libur Idul Fitri 1 Syawal 1434 H di SMK Negeri 1 Manado, di awali dengan “Apel Siswa” dan “Rapat Dinas Staf Guru dan Pegawai Tenaga Administrasi Sekolah”.

Kepala SMKN 1 Manado Drs. Daglan M. Walangitan, M.Pd, pada salah satu bagian pengarahannya  di hadapan siswa, kembali mengingatkan kepada seluruh siswa untuk memahami Visi, Misi, serta Motto Pelayanan SMK Negeri 1 Manado, sebagai bagian dari implementasi Pelayanan Publik berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009, disamping pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dalam mengamankan predikat sebagai sekolah peraih “Peringkat I Adiwiyata Kota Manado Tahun 2013”.

Kepada seluruh siswa diajak untuk memahami visi, misi serta motto pelayanan di maksud, dengan pertama-tama menghafal selanjutnya dapat mengimplementasikan dalam tugas dan kewajibannya sebagai siswa di SMK Negeri 1 Manado, karena siswa merupakan subjek sekaligus objek pelayanan itu sendiri.

“Apabala terdapat ketidak-puasan yang dirasakan siswa terkait dengan layanan pendidikan yang diberikan oleh pihak sekolah, silahkan siapa saja dapat mengajukan pengaduan, baik secara lisan ataupun secara tertulis kepada Kepala Sekolah melalui Tim Pengendalian Pelayanan Sekolah yang dikoodinasikan oleh Wakil Manajemen Mutu dan Wakasek Ur. Ketenagaan. Apabila pengaduan itu dilakukan secara tertulis, maka siswa dapat memasukkan melalui kotak pengaduan yang ada di lingkungan sekolah, atau melalui website sekolah (www.smkn1mdo.sch.id), ataupun melalui email sekolah ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ). Pihak sekolah akan senantiasa menindak-lanjuti semua pengaduan yang berasal dari siswa maupun dari masyarakat luas, sesuai dengan janji / maklumat pelayanan, demikian ditegaskan, demikian ditegaskan Kepala Sekolah Drs. Daglan M. Walangitan, M.Pd, yang disambut penuh antusias oleh siswa peserta apel.

Sementara itu dihadapan staf guru dan pegawai TAS pada acara rapat dinas, Kepala Sekolah Drs. Daglan M. Walangitan, M.Pd, yang didampingi WMM / Ketua Tim Pengendali Pelayanan Publik SMKN 1 Manado ; Drs. Jenner R. Rumerung, mengingatkan kembali bahwa Pelayanan Publik sebagaimana UU No. 25 Tahun 2009 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang disediankan pihak sekolah bagi pengguna layanan dalam hal ini masyarakat. Rangkaian kegiatan pelayanan dimaksud, menurut Walangitan mencakup 9 (sembilan) komponen, yaitu: Visi, Misi dan Motto, Standar dan Maklumat Pelayanan, Sistem Mekanisme dan Prosedur, Sumber daya manusia, Sarana dan prasarana, Penanganan pengaduan, Indek Kepuasan masyarakat, Sistem informasi pelayanan publik serta Produktifitas dalam pencapaian kinerja.

Kepada seluruh staf guru dan TAS dihimbau oleh Kepala Sekolah agar memahami ke-9 komponen pelayanan publik tersebut untuk selanjutnya dapat menginformasikan kepada masyarakat luas terutama yang terkait dengan standar pelayanan (SP) yang mnyentuh langsung dengan masyarakat selaku penerima layanan.

Pada forum rapat guru dan TAS yang dilaksanakan di ruang meeting tersebut, Kepala Sekolah Drs. Daglan M. Walangitan, M.Pd, memaparkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan “Penerimaan Peserta Didik Baru” (PPDB) tahun 2013/2014 serta capaian kinerja pelayanan tahun pelajaran 2012/2013.

Hasil IKM terhadap layanan PPDB yang di ukur pada 150 sampel dari siswa baru dan orang tua siswa baru, diperoleh hasil nilai konversi : 75,52, dengan Mutu/ kualitas belayanan : B (Baik) dari 14 unsur pelayanan. Namun menurut Kepala Sekolah, masih terdapat satu unsur yang perlu untuk diperbaiki pada PPDB berikutnya yaitu : Kecepatan Pelayanan, yang dirasakan masih kurang cepat dilakukan oleh petugas PPDB, menurut penilaian responden penerima layanan.

Sementara itu Kinerja pelayanan SMK Negeri 1 Manado tahun pelajaran 2012/2013, mencapai nilai rata-rata capaian kinerja : 93,06 % dari 100 % yang ditargetkan. Menurut Drs. Walangitan bahwa target kinerja yang belum tercapai pada tahun pelajaran 2012/203, yaitu mutu IKM, hasil ujian nasional, serta  persentase guru profesional.

Karena itu Kepsek menghimbau kepada penanggungjawab unit pelayanan yang kinerjanya belum mencapai target, agar menindak-lanjuti dengan membuat program-program inovatif di tahun pelajaran 2013/2014, sehingga dapat memperbaiki kinerja masing-masing, sedangkan unit kerja yang target kinerjanya telah tercapai, dihimbau Walangitan untuk mempertahankannya.(jenner)

Share